Tehnik Mudah Merawat Tanaman Kaktus

Tanaman kaktus sudah beberapa tahun ini termasuk sebagai tanaman hias di Indonesia.Bukan hanya indah tanaman kaktus juga termasuk tanaman yang mudah ditanam, tidak heran sekarang ini banyak orang yang suka menanam tananman kaktus di pekarangan rumah.

Mengapa dinamakan taman kaktu? karena tanaman ini ditanam dalam satu pot dengan berbagai warna. Dalam satu pot ada yang menanam jenis kaktus bulat, oval, hingga kotak.

Bila anda membeli tanaman kaktus di swalayan, sebaiknya tanaman kaktus tersebut tidak boleh anda letakkan di tempat panas terlebih dahulu, karena kaktus sebelumnya sudah beradaptasi dengan pendingin yang ada di pasar swalayan.

Jika langsung terkena sinar matahari akan menyebabkan tanaman kaktus tersebut akan stress., berilah waktu buat tanaman kaktus minimal selama sebulan. Setelah sampai dirumah jangan langsung disiram, anda boleh menyiramnya jika sudah seminggu dengan jumlah air yang tidak terlalu banyak.

Anda juga dapat membuat taman kaktus dirumah, yang perlu anda siapakan hanya:

  1. Siapakan pot datar besar untuk tempat taman lumut.
  2. Masukkan sterofoam yang sudah dipotong kecil ,kira- kira seperempat pot. Sterofoam berfungsi untuk serapan air.
  3. Siapkan pasir, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2.

Setelah itu aduk hingga rata kemudian diamkan hingga kering.

  1. Masukkan pasir, sekam dan pupuk ke dalam pot sampai sterofoam terendam.
  2. Tanam kaktus sesuai selera anda, sebaiknya menanam kaktus yang cepat meninggi di pinggir, dan kaktus yang pendek ditanam ditengah – tengah.
  3. Setelah ditanam sebaiknya dikasih pasir malang, anda dapat membelinya sama penjual tanaman.
  4. Taburilah batu – batu kecil di dekat kaktus
  5. Setelah selesai simpanlah tanaman kaktus ditempat yang kering dan jangan disiram selama seminggu, tujuannya agar tanaman kaktus dapat beradaptasi dengan media tanam yang baru..

Setelah anda menanam kaktus jangan anda tinggalkan begitu saja, Anda harus merawatnya dengan baik agar anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

Berikut ini cara – cara merawat tanaman kaktus, diantaranya:

  1. Taman kaktus harus diangin- anginkan selama tiga hari sekali agar tidak lembab. Bila tanaman kaktus ini disimpan di dalam ruangan, akan membuat kaktus menjadi lembab lama kelamaan kaktus akan mati secara perlahan – lahan. Dan jika, tanaman kaktus masih dapat sinar matahari anda tidak perlu mengangin- anginkannya lagi.
  2. Tidak boleh menjemur tanaman kaktus langsung dibawah sinar matahari. Jika terkena sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan tanaman kaktus anda terbakar, cirri –ciri tanaman kaktus terbakar adalah ujungnya berwarna cokelat dan kehitaman.
  3. Tanaman kaktus tidak boleh disiram setiap hari karena akan menyebabkan kaktus menjadi lembab.Sebaiknya disiram dua kali seminggu dengan menggunakan spray..Ciri tanaman kaktus yang lembab adalah ujung kaktus akan terasa lembek.
  4. Kaktus juga harus diberi pupuk terutama pupuk NPK, bisa anda beli sama pedagang bunga.Cara memberi pupuk pada kaktus, anda masukkan pupuk kedalam tanah, setelah itu anda timbun kembali agar pupuk tidak menguap dan khasiatnya maksimal.

Sangat mudah diterapkan dirumah anda, apalagi bahan yang digunakan sangat mudah dijumpai..Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s